Selasa, 01 Januari 2013

Seleksi, Karakterisasi dan Identifikasi Bakteri Termofilik pasca Erupsi Merapi Sebagai Penghasil Enzim Amilase




SELEKSI, KARAKTERISASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI TERMOFILIK PASCA ERUPSI MERAPI SEBAGAI
PENGHASIL ENZIM AMILASE


Oleh
Sri Pujawati
NIM. 08308144027

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isolat bakteri termofilik pasca erupsi Merapi yang dapat menghasilkan enzim amilase, karakteristik bakteri penghasil amilase, genus bakteri termofilik penghasil amilase, kurva pertumbuhan dan hubungan kekerabatan bakteri termofilik pasca erupsi merapi penghasil amilase.
Penelitian ini merupakan penelitian eksplorasi, yang menggunakan sampel pasir dari kali Gendol atas, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pasca erupsi Merapi. Seleksi bakteri termofilik penghasil amilase menggunakan media selektif Starch Agar (SA) yang diinkubasi pada suhu 55 0C, kemudian dilakukan karakterisasi meliputi morfologi koloni, morfologi sel, endospora, uji fisiologi dan biokimiawi, kemudian dilakukan identifikasi berdasarkan penelusuran melalui Bergey’s Manual of Determinative Bacteriology, selanjutnya pengukuran kurva pertumbuhan berdasarkan nilai absorbansi dan penyusunan hubungan kekerabatan berdasarkan indeks Ssm (Simple Matching Coefficient). Metode untuk menganalisis yaitu dengan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bakteri termofilik pasca erupsi merapi penghasil amilase, yang diseleksi dari sampel pasir, dengan suhu inkubasi 55 0C berjumlah 30 isolat. Kemudian dipilih 5 isolat yang memiliki nisbah zona jernih terbesar. Karakteristik isolat bakteri termofilik penghasil amilase menunjukan hasil yang tidak jauh berbeda. Hasil identifikasi isolat bakteri termofilik penghasil amilase memiliki karakter yang mirip dengan genus Oscillospira sebesar 87,5%. Kurva pertumbuhan kelima isolat menunjukan hasil berbeda, isolat yang memiliki puncak eksponensial tertinggi yaitu D118 sebesar 0,377. Berdasarkan indeks similaritas, kelima isolat terpilih memiliki hubungan kekerabatan sangat dekat, yaitu isolat D141 dan D151 sebesar (98,04%) dan yang memiliki hubungan kekerabatan terjauh yaitu isolat D134 dan E345 sebesar (86,27%).

Kata kunci : Bakteri, Termofilik, Enzim Amilase.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar